Jejaring Sosial Baru untuk Pengguna Ponsel

JAKARTA - Belum gabung dengan situs jejaring sosial (social networking)? Wah ketinggalan jaman!!

Namun jika mau, akhir bulan ini Anda bisa mencoba satu jejaring baru. Namanya Mobinity.net, alias mobile community network, yang menurut Kendro Hendra (Managing Director inTouch dan MORE), menggabungkan kemampuan mobile untuk komunitas.

Mobinity.net, kata Kendro yang berbicara di depan komunitas Nokia Communicator, dirancang khusus untuk memanfaatkan fitur ponsel dan smartphone, tidak terkecuali Nokia E75 yang diperkenalkan akhir pekan lalu. “Ini single sign-in. Layanannya mencakup chat, yang untuk tahap pertama adalah Yahoo Messenger, dan juga Facebook. Karena itu harus ada nomor telepon (yang didaftarkan). Nantinya juga mencakup Friendster dan MySpace,” urainya.

Fitur menarik di sini adalah sinkronisasi foto profil teman di Facebook dengan foto dalam contact di ponsel. “Jadi bila ada yang nelepon, foto yang bersangkutan di Facebook akan tampil di layar kita sebagai Caller ID,” jelas Kendro. Tanggal ulang tahun dan tanggal-tanggal event di Facebook pun dapat disinkronisasikan dengan kalender dalam ponsel.

Sementara itu untuk yang ponselnya sudah mendukung fitur GPS (global positioning system) dan operatornya menyediakan layanan LBS (location based service), tersedia Locator. Jadi pengguna mobinity.net dapat menemukan teman-teman Facebook-nya yang mengaktifkan LBS yang sedang berada di lokasi yang sama. POI (point of interest), restoran yang memberikan diskon, lokasi ATM juga bisa ditampilkan.

Selain itu tersedia fitur pendukung mobile citizen journalist. Maksudnya, pengguna bisa memotret dengan kamera ponsel, merekam narasi, menambahkan komentar dan mengunggahnya sebagai berita ke portal berita utama untuk dibaca pengguna Internet maupun mobinity via ponsel.

Mobinity.net ini juga terhubung dengan sistem MORE yang dibuat oleh inTouch. Artinya poin MORE yang didapat pengguna mobinity.net dapat dibelanjakan ke merchant (Dunkin’ Donut, KFC, XXI, Metro, dll) maupun membayar biaya langganan operator. “Bisa kirim MORE gift, jadi hadiah tidak lagi maya, tetapi fisik,” ucap Kendro. (pas)

0 komentar:

Posting Komentar

Tampilkan ekspresi anda