Indosat Jalin Kerjasama dengan Bakrie Telecom




JAKARTA - PT Indosat Tbk (Indosat) mengumumkan tercapainya kata sepakat atas kerja samanya bersama PT Bakrie Telecom Tbk (BTel) terkait interkoneksi SLI 009 milik BTel. Sebagai tanda tercapainya kesepakatan tersebut, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara kedua pihak.

“Setelah melalui proses koordinasi secara intensif secara business-to-business (B2B), bersama ini kami (Indosat) menyampaikan bahwa telah dicapai kesepakatan dengan BTel untuk beberapa agenda pembahasan, termasuk di dalamnya mengenai paket promosi yang akan dilaksanakan oleh Btel,” kata Adita Irawati, Division Head of Public Relation, Indosat, pada VIVAnews, 2 Juni 2009.

Dengan tercapainya kesepakatan ini, lanjut Dita, akan segera dilakukan tindak lanjut berupa penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) yang akan diselenggarakan di bulan Juni 2009. Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui secara detail mengenai kapan penandatanganan itu dilakukan.

“Ini juga merupakan wujud dari komitmen Indosat dalam menyambut baik kehadiran operator Sambungan Langsung Internasional (SLI) baru serta selalu mendukung setiap operator yang ingin membuka interkoneksi, termasuk untuk layanan internasional, dengan semangat untuk memberikan manfaat kepada semua, termasuk pelanggan,” ucap Dita.

Seperti diberitakan sebelumnya, Indosat dinilai BTEL sempat memberikan persyaratan perjanjian interkoneksi yang cukup memberatkan.

Herry Nugroho, Vice President Intercarrier BTEL mengatakan, dalam surat perjanjian kerja sama antara Indosat dan BTEL, tertulis Indosat meminta BTEL untuk membayar sekitar Rp 40 juta untuk tiap sistem set-up billing. Sementara yang diajukan Indosat ada tiga set-up yang harus dipenuhi, yakni selular, fixed line, dan in-bill. “Totalnya, kami harus membayar Rp 120 juta,” kata Herry.

Selain itu, Indosat juga mengusulkan agar BTEL tidak memberlakukan tarif promosi SLI 009 bagi pelanggan Indosat di tiga bulan pertama. “Mereka khawatir, pendapatan SLI Indosat akan tergerus oleh kami (BTEL), karena tarif kami jauh di bawah tarif SLI mereka,” ucapnya ketika itu.(vvn)

0 komentar:

Posting Komentar

Tampilkan ekspresi anda