HP Vivienne Tam Special Edition, Hanya Ganti Kulit




Feminin! Itulah kesan pertama saat melihat produk netbook keluaran Hewlett Packard yang satu ini. Dengan balutan warna merah menyala dan motif bunga-bunga yang menghiasi tampak depannya, jelas netbook ini memang dipasarkan untuk kaum wanita. Soal spesifikasi, sebenarnya produk ini tak beda dengan HP Mini 1001TU yang dilepas dengan desain lebih 'low profile'.

Vivienne Tam adalah perancang busana kelahiran Guangzhou, China yang kini menetap di New York. Rancangan Vivienne banyak dipengaruhi oleh desain tradisional China. Ketertarikan Viivienne pada warna merah menjadi tema utama dari desain netbook hasil kerja samanya dengan Hewlett Packard ini. Dan bagi wanita yang perduli soal penampilan, netbook ini bisa berfungsi sebagai aksesoris selain sebagai alat komputasi tentu saja.

Seperti kebanyakan netbook, prosesor HP Vivienne Tam Special Edition ini menggunakan Intel Atom N270 1.6GHz dengan memori berkapasitas 1GB. Media simpan yang digunakan masih hard disk dengan kapasitas 60GB. Namun jika ini masih kurang, Anda punya pilihan untuk mengambil yang berkapasitas 80GB. Dengan paduan spesifikasi ini jelas Windows XP yang dipasang sebagai sistem operasi masih bisa bekerja dengan baik meski pada beberapa kasus masih ada sedikit delay yang cukup lama.

Karena netbook memang tidak dirancang untuk pekerjaan berat seperti rendering film atau objek 3D, jelas Anda hanya akan dibatasi pada pekerjaan-pekerjaan ringan seperti browsing internet atau bekerja dengan Microsoft Office. Kesimpulannya, netbook memang tak bisa menggantikan PC dan hanya bisa sebagai sarana 'pembantu' dalam perjalanan saja.

Dibangun dari landasan HP Mini 1001TU, jelas HP Vivienne Tam Special Edition ini pun memiliki kelemahan yang sama dengan produk pendahulunya itu. Salah satunya adalah minimnya port USB yang disediakan. Anda hanya akan mendapatkan dua buah port USB yang jelas tak terlalu memberikan keleluasaan untuk menghubungkan netbook ini dengan peranti lain.

Kekurangan lain adalah tidak diberikannya konektor D-Sub untuk menghubungkan netbook ini pada layar eksternal. Sehingga mau tak mau memang Anda harus menggunakan layar berukuran 10,1 inci yang dipasang pada unit ini. Tapi agaknya tak terlalu masalah bila mengingat Anda hanya akan menggunakan netbook ini saat di luar ruangan dan jelas Anda tak mungkin membawa-bawa layar LCD bersama Anda.

Good Gear Guide yang sempat menguji netbook ini juga hanya memberikan 3 bintang saja dan mengeluhkan daya tahan baterainya yang hanya mencapai sekitar dua jam saja. Terlepas dari segala kekurangannya, netbook yang dilepas dengan harga US$613 atau sekitar Rp6.750.000 ini akan memikat perhatian para eksekutif wanita yang perduli dengan penampilan.

Spesifikasi:
Prosesor :Intel Atom N270 1.6GHz
Memory :1GB DDR2
Chipset :-
VGA :Intel GMA950
Layar :10.2 in TFT with LED backlight
Hard Disk :60GB
Optical Drive :N/A
Port :USB 2.0, Headphone Jack, RJ45, Secure Digital
:(SD),Multimedia Card (MMC) slot
Webcam :HP Mini Webcam
Wireless :Bluetooth, Wireless 802.11b, Wireless 802.11g
Dimensi :10.3 x 6.56 x 0.99 in
Situs Resmi :www.hp.com

0 komentar:

Posting Komentar

Tampilkan ekspresi anda